Dukung Percepatan Regsosek, Babinsa Koramil 03/Pandan Dampingi BPS di Tingkat Kelurahan/Desa

Tpanuli Tengah | SinarlintasNews.com – Dalam rangka mendukung pemerintah bidang pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Babinsa Koramil 03/Pandan, Serka Freddi Siahaan mendampingan Forum Konsultasi Publik pendataan awal Regsosek yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (10/5/23).

Serka Freddi Siahaan menjelaskan, pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

“Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan,” ujar Serka Freddi Siahaan.

Serka Freddi Siahaan juga menyatakan, Kegiatan Regsosek yang menjadi prioritas pemerintah ini tentunya memerlukan dukungan dan komitmen seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini, mulai dari pendataan, pemanfaatan, hingga pemutakhiran data.

Terpisah, Dandim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor melalui Danramil 03/Pandan, Kapten Inf Syahrial menjelaskan, FKP adalah kegiatan dialog/diskusi pertukaran opini secara partisipatif, antara penyelenggara layanan publik dengan publik atau masyarakat yang notabenenya menerima pelayanan publik.

“Komitmen TNI dalam hal ini, menjembatani antaranya publik dalam hal ini masyarakat, dengan pemerintahan desa. Dalam konteks wilayah binaan, tentu itu menjadi hal wajib, masyarakat harus mendapatkan yang sesuai dengan apa yang diharapkan, didominasi oleh penyelenggara pemerintahan desa yang mengetahui secara langsung inti dari apa yang diinginkan. Jadi ini yang kita garisbawahi, keterbukaan untuk evaluasi dan perbaikan untuk kedepannya,” ujar Danramil 03/Pandan, ( Jerry)



from Sinar Lintas News https://ift.tt/VfGvJOe

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama