Pelaku Bom Ikan Merajalela, Ketua MPC PP Sibolga Minta APH Bertindak Tegas

Sibolga | Sinarlintasnews.com – Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Sibolga, Ardiansyah Lubis, SSTP, M.Si desak pihak penegak hukum untuk menindak para pelaku destructive fishing dengan menggunakan bahan peledak (bom ikan) di perairan Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng).

Ardiansyah Lubis mengungkapkan, banyak keluhan para nelayan tradisional tentang maraknya dugaan para pelaku bom ikan yang hingga sampai saat ini terkesan terjadi pembiaran dari Aparat Penegak Hukum di Kota Sibolga maupun Tapanuli Tengah.

“Informasi yang kita terima, saat ini makin banyak dan bertambah jumlah pelakunya (destructive fishing), kasihan masyarakat tradisional mereka mengeluh karena pendapatan yang mereka dapat sangat minim, bahkan tidak ada, dan saya menduga pemerintah tidak melakukan langkah untuk menertibkan para pelaku kejahatan laut ini,” kata Ardiansyah, Rabu (31/5/23).

Selain itu, Ardiansyah Lubis juga menduga pihak kepolisian setempat diduga kurang serius memberantas aktivitas destructive fishing yang terjadi. Pihak kepolisian baru terlihat penanganan hukumnya ketika sudah ada korban jiwa akibat dugaan bom ikan ini.

Ardiansyah juga menyatakan, APH harus tegas dalam memberantas para pelaku bom ikan, mengingat kejadian yang terjadi pada Senin (24/1/22) di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga,

“Setidaknya ada tujuh orang mengalami luka hingga harus mendapatkan perawatan dan sebanyak 14 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal akibat insiden ledakan itu. Rumah mereka hancur porak-poranda akibat ledakan. Banyaknya rumah yang rusak karena saling berdempetan. Hal ini harus kita antisipasi jangan sampai terulang kembali,” ucapnya Ardiansyah.

Selain itu, Ardiansyah juga menyebutkan pasca kejadian tersebut, kantor MPC PP Sibolga juga terkena percikan ledakan, meski tidak menimbulkan korban jiwa akan tetapi sebagian bangunan mengalami kerusakan.

“Pokoknya kejadian seperti ini jagan lagi sempat terulang, karena kita pernah terdampak akibat ledakan itu. Jadi dalam hal ini kita mendukung penuh Aparat Penegak Hukum kita untuk segera bertindak demi keamanan dan kenyamanan kita bersama,” pungkasnya.(Jerry).



from Sinar Lintas News https://ift.tt/YnG1iR4

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama