Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Tapanuli Tengah | SinarlintasNews.com – Polisi Resort (Polres) Kabupaten TapanuliTengah (Tapteng) menggelar deklarasi pemilu damai sebagai bentuk komitmen pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 yang aman dan kondusif.

Acara Deklarasi damai itu dilaksanakan di aula Parama Satwika Polres Tapteng pada Senin (4/12/23).

Keterangan Foto : Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH, Pj Bupati, Sugeng Riyanta, Ketua PN Sibolga, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah foto bersama usai pelaksanaan deklarasi damai 2024 di Aula Parama Satwika Polres Tapteng pada Senin (4/12/23).
Keterangan Foto : Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH, Pj Bupati, Sugeng Riyanta, Ketua PN Sibolga, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah foto bersama usai pelaksanaan deklarasi damai 2024 di Aula Parama Satwika Polres Tapteng pada Senin (4/12/23).

Deklarasi Pemilu Damai tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH, Pj Bupati, Sugeng Riyanta, Dandim 0211/TT, Danlanal Sibolga, Dansat Radar 234 Sibolga, Dan Denpom I/2 Sibolga. Kajari Sibolga, Ketua PN Sibolga, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, para tokoh agama, para Ketua OPD, para Ketua Partai dan para tim relawan pemenangan Presiden.

Dalam sambutannya, AKBP Basa Emden Banjarnahor Menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk bersama- sama menciptakan suasana aman dan kondusif selama seluruh tahapan pelaksanaan pemilu serentak nanti.

Foto : Keterangan Foto : Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH
Foto : Keterangan Foto : Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH

“Kegiatan ini merupakan momentum untuk mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang aman dan  damai di Wilayah Kab. Tapanuli Tengah. Mari kita berkomitmen untuk tidak memberikan peluang bagi orang orang yang ingin membuat situasi di Tapanuli Tengah tidak kondusif dalam tahapan Pemilu tahun 2024,” ujar Kapores.

Kapolres juga mengajak seluruh Penyelenggara Pemilu tahun 2024 serta stack holders bersinergi untuk menciptakan situasi kamtibmas dan berharap Deklarasi Damai tersebut dapat menjalin kekompakan dalam menjaga dan mendampingi tahapan pemilu tahun 2024 khisusnya di Tapanuli Tengah dapat berjalan aman dan kondusif.

Disisi lain, Kapolres juga menyebutkan agenda deklarasi ini dalam rangka menyatukan persepsi saling sharing informasi, demokrasi, kreasi pelaksanaan tugas, baik penyelenggara maupun kita semua untuk bersama-sama menciptakan stabilitas Kamtibmas jelang pemilu 2024.

“Kegiatan kita ini dalam rangka penyamaan persepsi dalam mengawal dan masa tahapan pemilu tahun 2024 di kabupaten Tapanuli Tengah yang saat ini sudah berlangsung sehingga dapat menghasilkan dan memahami peran masing-masing untuk kesuksesan pemilu nantinya,” ungkap Kapolres.
Sementara itu, Pj Bupati dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Polres Tapanuli Tengah yang telah menjadi tuan rumah deklarasi pemilu damai 2024. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat berdampak positif dan diapresiasi.

Sugeng Riyanta juga tetap mengingatkan dan menekankan kepada para ASN untuk berkomitmen akan menjaga netralitas serta akan menjaga dan mengawal setiap proses tahapan pemilu 2024 sehingga tercipta Kamtibmas, Preventif, dan preemtif.

“Bagi PNS yang terlibat pasti ada sanksinya, dan apa bila dalam pelanggaran itu ditemukan ada tindak pidana akan diproses dipengadilan. Saya tidak akan bantu dalam bentuk apapun,” tegasnya.

Selain itu, Pj Bupati Tapteng ini juga menuturkan berkomitmen untuk menjalani pemilu dalam suasana penuh toleransi, menghormati perbedaan dan pendapat serta menolak segala bentuk kekerasan dan menimbulkan semangat persaudaraan serta gotong royong, menyatukan tekad, persepsi secara bersama guna menguatkan kembali stabilitas keamanan yang aman dan kondusif.

Deklarasi Pemilu Damai 2024 tersebut ditandai dengan penandatanganan papan komitmen yakni,

1. mewujudkan pemilihan umum tahun 2024 yang langsung, Umum, Bebas, rahasia, jujur dan adil diwilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

2. Melaksanakan Pemilihan Umum tahun 2024 yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah

3. Menjaga seluruh proses tahapan pemilihan umum tahun 2024 berjalan dengan damai, tertib dan taat hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. (Jerry).



from Sinar Lintas News https://ift.tt/UwaVEkG

Comments

Popular posts from this blog

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama