Babinsa Bantu Petani Pisahkan Padi & Gabah Dengan Cara Tradisional

Tapanuli Tengah | Sinarlintasnews.com – Demi terwujudnya Swasembada Pangan di wilayah, Babinsa Koramil 05/Kolang, Serda Kepler Situmorang, selalu aktif membantu petani. Salah satunya, membantu petani dalam memisahkan padi dan gabah, yang dilakukan secara tradisional. Yakni dengan rendaman air.

Kegiatan berlangsung di Desa Simarpinggan, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Jumat (24/02/2023).

Pasca panen padi, Serda Kepler Situmorang ikut membantu petani dalam tahap proses pemisahan padi dan gabah. Dengan keahlian yang dimilikinya, Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT tersebut berupaya membantu meringankan beban kerja petani.

“Kita memberikan edukasi kepada petani, bagaimana mekanisme pemisahan padi secara tradisional, agar cepat selesai, namun jauh dari kesan melelahkan. Sehingga timbul semangat petani dalam bekerja,” tutur Serda Kepler Situmorang, disela-sela kegiatan.

Dalam proses pemisahan padi dan gabah tersebut, Babinsa Koramil 05/Kolang itu tampak saling bercengkrama dengan petani. Hal Ini mengisyaratkan kedekatan Babinsa dengan petani begitu erat. Sembari bekerja, Babinsa bersama petani terlihat ceria, penuh canda tawa ditengah teriknya panas matahari.

Di lokasi terpisah, Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Banjarnahor,SIP melalui Plh Danramil 05/Kolang, Letda Inf Beringin Limbong menjelaskan, Babinsa Jajarannya selalu berupaya menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan. Terutama dalam pendampingan terhadap petani, demi suksesnya Swasembada Pangan.

“Keberadaan Babinsa sendiri adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan. Yang bertujuan untuk men-sejahterakan masyarakat, khususnya para petani di wilayah binaannya,” jelas Letda Inf Beringin Limbong.

Lebih lanjut Plh Danramil 05/Kolang itu mengatakan, pihaknya akan selalu berupaya mendukung dan mensukseskan program Pemerintah, terutama di bidang pertanian dan kesehatan. Peran aktif Babinsa ini membuktikan, bahwa TNI selalu ada untuk Rakyat. (Ry).



from Sinar Lintas News https://ift.tt/oKrxnNw

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama