Selesaikan Permasalahan Warga Binaan, Babinsa 06/Kota Mediasi Pihak Berselisih

SIBOLGA, Sinarlintasnews.com – Mengantisipasi permasalahan menjadi besar, Babinsa Koramil 06/Kota, Koptu Wariston Nainggolan segera me-mediasi perselisihan antara warga binaannya. Diketahui perselisihan diakibatkan permasalahan cekcok mulut, yang berawal dari adanya salah paham.

Kegiatan mediasi digelar di rumah warga yang berselisih. Berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

Foto : Koptu Wariston Nainggolan, Babinsa 06/Kota saat melakukan mediasi perselisihan antara warga binaannya.

 

“Mendapat kabar terjadi perselisihan di antara warga, Saya segera memanggil kedua belah pihak dan memediasi permasalahan yang terjadi,” ucap Koptu Wariston Nainggolan, Selasa (25/04/2023)

Dalam mediasi tersebut, Aparat Komando Kewilayahan Kodim 0211/TT itu berupaya menyelesaikan permasalahan dan memberikan solusi terbaik. Sehingga permasalahan kesalahan pahaman itu tidak menjadi besar.

“Mediasi kita lakukan sedikit mungkin, guna mencegah perselisihan membesar, yang akan berdampak terganggunya kerukunan dan Kamtibmas di lingkungan masyarakat,” ungkap Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT itu.

Hal tersebut dibenarkan Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor,SIP melalui Danramil 06/Kota, Mayor Inf Agustinus Samosir. Dipaparkannya, upaya yang dilakukan Babinsa Jajarannya tersebut merupakan bentuk deteksi dini dan cegah dini.

“Setiap permasalahan yang terjadi, harus se-segera mungkin diselesaikan. Sehingga tidak menjadi besar dan meluas. Upaya pencegahan, semaksimal mungkin dilakukan,” tutur Mayor Inf Agustinus Samosir.

Danramil 06/Kota itu berharap, setiap permasalahan yang timbul, agar bisa diselesaikan dengan musyawarah. Warga yang berselisih, juga diminta untuk saling mengerti dan meredam emosi.

“Sebab emosi yang dilampiaskan, bukan jalan solusi. Bahkan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebagai Aparat Kewilayahan, Kita tidak ingin permasalahan warga menjadi besar. Untuk itu, segera Kita selesaikan sebaik mungkin,” sebut Perwira TNI-AD berpangkat satu mawar emas di pundak itu. (Ry/Jerry)



from Sinar Lintas News https://ift.tt/hZCFMlx

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama