Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di SMP Negeri 1 Tukka, Babinsa Koramil 03/Pandan Paparkan Kakna Pancasila

Tapanuli Tengah | SinarlintasNews.com – alam rangka memperingati hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Babinsa Koramil 03/Pandan jajaran Kodim 0211/TT melaksanakan Army Go To school dan Sosialiasi Ideologi Pancasila kepada siswa siswi SMP Negeri 1 Tukka, di Kelurahan Tukka, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kamis (1/6/23).

Pada pelaksanaannya kegiatan Army Go To School tersebut, Serda Jusran Simanjuntak bertindak sebagai Komandan Upacara pada Upacara menyaikan, Kita perlu memahami dengan upacara, banyak hal yang kita laksanakan, diantara nya: Pembacaan Pancasila, Pembacaan UUD dan Pengibaran Bendera Merah Putih, Ternyata Dengan kegiatan upacara bendera ini, kita kembali di ingatkan makna dari Pancasila, dan pentingnya memahami sejarah negara ini yang memiliki dasar Pancasila.

Mengutip Tem peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia, yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

“Kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

“Secara luas, makna Pancasila sebagai dasar negara adalah Pancasila digunakan sebagai dasar oleh negara dalam mengatur pemerintahan dan penyelenggaraan negara. Selain itu, arti Pancasila sebagai dasar negara juga dapat dimaknai dengan dijadikannya Pancasila sebagai pedoman dan prinsip dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” ujarnya.

Serda Jusran Simanjuntak juga mengungkapkan, Pancasila bukan sekedar simbol, Bukan hanya untuk diucapkan, akan tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terpisah, Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor melalui Danramil Koramil 03/Pandan menambahkan, apa yang disampaikan oleh Babinsa Koramil 03/Pandan saat menjadi Pembina upacara di SMP Negeri 1 Tukka, perlu di resapi dan dilakukan sehingga dapat memberikan manfaat bagi Bangsa dan Negara Indonesia yang kita Cintai.

“Semoga para siswa/siswi di SMP Negeri 1 Tukka yang mendapatkan arahan dan binaan dalam Army Go To School oleh Serda Jusran Simanjuntak dapat mengimplementasikan dalam kegiatan belajarnya dengan cara mengikuti apa yang disampaikan oleh para guru pengajarnya, sehingga mereka tetap Fokus pada tujuan atau cita-citanya dan kelak mereka bisa manjadi orang berhasil dan Sukses,” ungkapnya.(Jerry).



from Sinar Lintas News https://ift.tt/N8tfxUW

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama