Jadi Irup di SMPN 1 Sitahuis, Babinsa 05/Kolang Tanamkan Wasbang Ke Pelajar

TAPTENG, Sinarlintasnews.com – Babinsa Koramil 05/Kolang, Peltu Agus Renan Pandiangan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara penaikan Bendera di SMP Negeri 1 Sitahuis. Berlokasi di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin (05/06/2023).

Hadir dalam kegiatan upacara bendera tersebut, diantaranya, Kepala SMP Negeri 1 Sitahuis Nurmaini Silalahi,S.Pd, para guru, Staf Sekolah, serta siswa-siswi SMPN 1 Sitahuis.

Peltu Agus Renan Pandiangan mengatakan, pelaksanaan kegiatan sebagai Irup di Sekolah, merupakan bagian dari sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar. Dilaksanakan secara berkesinambungan di sejumlah Sekolah yang ada di wilayah binaannya.

“Melalui giat menjadi Irup di Sekolah, Kita berupaya menanamkan kepada pelajar perihal Wawasan Kebangsaan yang kuat. Perlu diingat, Upacara Bendera seperti ini merupakan wujud penghormatan kita kepada para pendahulu bangsa,” ujar Peltu Agus Renan di Sitahuis, Kabupaten Tapteng.

Sebagai generasi penerus, tegas Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT itu, wajib menghormati bendera merah putih sebagai Lambang Negara Indonesia. Tujuan Sosialisasi Wasbang, menurutnya, agar para siswa sejak dini memiliki wawasan tentang kecintaan terhadap tanah air, bangsa dan negara dan menjaga keutuhan NKRI.

Hal itu dibenarkan Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Banjarnahor, S.I.P Melalui Plh Danramil 05/Kolang, Letda Inf Beringin Limbong. Ia menyebutkan, Sosialisasi Wasbang kepada pelajar dilakukan pihaknya melalui kegiatan menjadi Irup di Sekolah yang ada di wilayah teritorialnya.

“Melalui kegiatan menjadi Irup di Sekolah, Kita berupaya menanamkan Wasbang kepada para pelajar. Menjadikan sarana ini, untuk memupuk kecintaan pelajar terhadap tanah air, bangsa dan Negara,” sebut Letda Inf Beringin Limbong.

Plh Danramil 05/Kolang itu berharap, dengan menanamkan Wasbang sejak dini, para pelajar nantinya akan memiliki karakter yang tangguh dan mandiri. Sehingga kelak dapat berbuat yang terbaik untuk bangsa dan Negaranya.

“Kita berharap agar para pelajar selalu rajin belajar, mentaati aturan sekolah, dan menjauhi Narkoba. Sebab masa depan bangsa ini, kelak ada di tangan mereka. Untuk itu, Kita berupaya menciptakan generasi muda yang kokoh dan kuat,” harap Perwira TNI-AD berpangkat satu balok emas di pundak itu. (Ry/Jerry)



from Sinar Lintas News https://ift.tt/15weZW2

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama