BKPRMI Tapteng Ajak Masyarakat Tidak Mudah Terprovokasi Isu Sara

Tapanuli Tengah | SinarlintasNews.com – Ketua DPD BKPRMI Tapteng, Erman Sakti Hutabarat turut menghimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang dapat menimbulkan konflik.

Hal tersebut disampaikan Erman Sakti Hutabarat terkait aksi Gerakan Lintas Pemuda Ormas Mahasiswa dan Masyarakat Tapanuli Tengah, di depan Gedung DPRD Tapteng pada Selasa (22/8/23) kemarin yang menyebutkan, Penetapan Komisioner Bawaslu Tapteng yang dilakukan oleh Bawaslu RI dan Bawaslu Sumatera Utara bersifat sangat rasis dan sangat tendensius, hal ini tercermin dimana Bawaslu RI hanya mengakomodir komisioner dari  satu agama dengan mengkesampingkan nilai-nilai kebinekaan dan kemajemukan yang hidup di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Kita meminta kepada sejumlah organisasi, baik kepemudaan maupun kemahasiswaan mari kita saling menjaga kekondusifan dan mari menghindari kegiatan yang dapat menciptakan konflik terkait Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan di Tapteng,” Kata Erman, Rabu (23/8/23).

Dikatakannya, menyampaikan pendapat dimuka umum adalah hak setiap warga negara dan dilindungi Undang-Undang, namun perlu diketahui, dalam menyampaikan pendapat perlu adanya norma-norma yang harus dijaga agar tidak terkesan menggiring ke isu sara dan akibatnya dapat menimbulkan perpecahan ditengah-tengah masyarakat.

“Tapteng ini berbilang kaum, suku, agama, ras dan juga golongan yang hidup saling berdampingan dan saling menghargai satu sama lain selama ini, jadi ini harus terus kita jaga,” ujarnya.

Erman juga menyebutkan, terkait penetapan komisioner Bawaslu, Menurutnya tentu dilakukan sesuai proses seleksi tanpa adanya pertimbangan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan. Namun bila ada ditemukan hal-hal yang diduga menyalahkan aturan lebih baik ditempuh secara hukum, sehingga tidak terkesan menyudutkan salah satu agama.

“Untuk itu, kita mengajak dan menghimbau teman-teman OKP serta rekan-rekan ormas mahasiswa mari bersama-sama menjaga kondusifitas Kabupaten Tapanuli Tengah apa lagi menjelang pesta demokrasi yang tidak lama lagi akan dilaksanakan,” harap Erman.(Jerry).



from Sinar Lintas News https://ift.tt/9W16UgJ

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama