Manfaatkan Irigasi, Babinsa Bersama Aparat Kelurahan & Warga Bangun Tambak Ikan

SIBOLGA, Sinarlintasnews.com – Babinsa Koramil 06/Kota, Serda MS Pane bersama Aparat Kelurahan dan warga binaannya, melaksanakan giat karya bhakti pembuatan tambak ikan di saluran irigasi. Mereka memanfaatkan saluran irigasi yang ada di wilayah binaan, untuk budidaya ikan air tawar.

Kegiatan berlangsung di Jalan Dolok Tolong Kelurahan Hutabarangan, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga.

Serda MS Pane mengungkapkan, pihaknya bersama Aparat Kelurahan Hutabarangan dan warga, kini membangun tambak ikan air tawar di saluran irigasi. Nantinya, tambak ikan itu akan dijadikan wadah untuk membudidayakan ikan lele dan Nila.

“Dengan memanfaatkan saluran irigasi, Kita menciptakan penghasilan tambahan buat warga. Selain dapat dijadikan sebagai lauk kebutuhan sehari-hari, juga bernilai ekonomi. Budidaya ikan di saluran irigasi juga menjadi bagian upaya menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Serda MS Pane disela-sela kegiatan di Kota Sibolga, Selasa (29/08/2023).

Budidaya ikan di saluran irigasi, terang Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT itu, akan sangat menghemat biaya operasional beternak ikan. Selain itu, tambahan pakan ikan bisa diperoleh dari pembuangan limbah rumah tangga. Warga juga akhirnya berusaha menjaga kebersihan di saluran air.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.I.P melalui Danramil 06/Kota, Mayor Inf Agustinus Samosir. Ia menuturkan, sinergitas yang baik dengan seluruh komponen warga binaan, harus tetap dijaga agar selalu terjalin baik.

“Pemanfaatan saluran irigasi di wilayah binaan menjadi wadah budidaya ikan, suatu bentuk cara melihat peluang untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Cara pandang ini harus digiatkan dan dilakukan Babinsa di wilayah binaan masing-masing,” sebut Mayor Inf Agustinus Samosir.

Orang nomor satu di Koramil 06/Kota itu juga merasa senang, melihat anggotanya bisa berbaur baik dengan Aparatur Pemerintah dan masyarakat. Dia berharap kekompakan ini tetap dibina dan jangan sampai terpisahkan. Karena TNI terlahir dari rakyat dan bekerja untuk rakyat.

“Pendampingan dan karya bhakti ini, merupakan bentuk dukungan Babinsa untuk percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada prinsipnya, TNI selalu siap membantu masyarakat dan memberikan karya nyata terbaik,” pungkas Perwira TNI-AD berpangkat satu mawar emas di pundak itu. (Ry/Jerry).

 



from Sinar Lintas News https://ift.tt/hmAe6Nt

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama