Babinsa koramil 06/Kota dan Bhabinkamtibmas Mediasi Kasus Perkelahian Anak di Kantor Lurah

SIBOLGA, Sinarlintasnews.com – Babinsa Koramil 06/Kota, Kopda Sapran Pasaribu bersama Bhabinkamtibmas Polsek Sibolga Selatan, Aipda Makmur Sinaga dan Lurah Aek Parombunan, Alamsyah Putra Aulia Caniago, mempertemukan warga yang tengah menghadapi permasalahan Kenakalan Remaja, yakni Perkelahian anak.

Kasus perkelahian anak tersebut diselesaikan lewat jalur mediasi, dengan mempertemukan kedua belah pihak yang bermasalah. Bertempat di Kantor Kelurahan Aek Parombunan, Jalan Sudirman Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT tersebut berkoordinasi bersama Aparat Kewilayahan, Lurah dan Bhabinkamtibmas, menyelesaikan permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Sebagai ujung tombak Satuan Kewilayahan, Babinsa berupaya menyelesaikan permasalah warga dengan cara Kekeluargaan.

“Permasalahan perkelahian anak ini Kita selesaikan secara Kekeluargaan melalui jalur mediasi. Para pihak kita panggil, agar persoalan ini diselesaikan secara mufakat dan mengambil solusi, win win solusion,” ujar Kopda Sapran Pasaribu kepada awak media, Selasa (05/09/2023).

Penyelesaian permasalahan Perkelahian Anak ini, terang Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT itu, se-segera mungkin di-clearkan dengan mempertemukan kedua belah pihak di Kantor Kelurahan. Hasil mediasi, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan masalah dengan musyawarah secara kekeluargaan dengan jalan damai.

Dalam pelaksanaan mediasi tersebut, Babinsa menyampaikan kepada para pemuda tersebut, agar lebih menjaga emosionalnya dan tetap terjaga persahabatan yang baik. Ia menekankan, setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, hadapi setiap permasalahan dengan kepala dingin dan berpikir positif.

Hal itu dibenarkan Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.I.P melalui Danramil 06/Kota, Mayor Inf Agustinus Samosir. Ia menegaskan, tindakan yang dilakukan Babinsa Jajarannya tersebut, guna mengantisipasi semakin besarnya masalah yang terjadi. Sehingga Babinsa bersama Aparat terkait melakukan gerak cepat memberikan solusi.

“Menangani permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, upaya yang kita utamakan dengan menyelesaikan melalui jalur mediasi. Kita upayakan se-segera mungkin meredam dan menghilangkan masalah yang terjadi dengan upaya kekeluargaan,” sebut Mayor Inf Agustinus Samosir.

Lebih lanjut Danramil 06/Kota itu menerangkan, disinilah koordinasi dan kerjasama yang baik antara Aparatur Pemerintah, TNI dan Polri sangat penting. Sehingga setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah warga, dapat diselesaikan se-segera mungkin sehingga tidak menjadi besar dan berlarut.

“Permasalahan yang terjadi ditengah-tengah warga, Kita utamakan dan kedepankan melalui penyelesaian Kekeluargaan. Meningkat ke upaya hukum, hanya apabila jika permasalahan tersebut terkait kasus berat dan tidak bisa diselesaikan secara mediasi Kekeluagaan,” pungkas Perwira TNI-AD berpangkat satu mawar emas di pundak itu. (Ry/Jerry).



from Sinar Lintas News https://ift.tt/u5YLf8I

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama