Pantau Situasi Pasar, Babinsa koramil 06/Kota Laksanakan Komsos Dengan Pembeli dan Pedagang

SIBOLGA, Sinarlintasnews.com – Guna mengetahui situasi dan kondisi keamanan di wilayah binaannya, Serka Asi Sinurat secara rutin melaksanakan pemantauan. Termasuk Pasar Inpres, yang berlokasi di Kelurahan Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

Babinsa Koramil 06/Kota tersebut memastikan situasi pasar tradisional itu tetap kondusif. Sehingga setiap pelaku usaha (pedagang) dan pembeli merasa nyaman. Tak lupa Babinsa melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos), guna menyerap informasi perkembangan Kamtibmas.

“Sembari memonitoring lokasi pasar, Saya juga melaksanakan giat Komsos dengan pedagang dan pembeli. Memantau kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar, serta memantau harga Sembako dan ketersediaan bahan pokok yang ada di pasar,” kata Serka Asi Sinurat kepada awak media, Sabtu (28/10/2023).

Dari hasil kegiatan Komsos-nya, ungkap Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT itu, situasi Pasar Inpres Aek Habil Kota Sibolga, masih relatif aman dan kondusif. Pedagang dan pembeli merasa nyaman dan aman melakukan aktivitas jual beli.

Harga kebutuhan pangan masyarakat, stok ketersediaan bahan baku seperti beras, sayur-mayur, cabai, bawang dan lain sebagainya, relatif masih stabil. Hanya saja harga beras terus mengalami kenaikan yang signifikan. Terutama beras kualitas medium dan premium.

Dikonfirmasi terpisah, Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.I.P melalui Danramil 06/Kota, Mayor Inf Agustinus Samosir menuturkan, pemantauan wilayah, termasuk pasar, secara aktif dilakukan Babinsa Jajarannya. Memastikan situasi Kamtibmas tetap kondusif dan perkembangan di masyarakat.

“Babinsa secara aktif dan rutin turun langsung ke lapangan melaksanakan pemantauan wilayah binaan masing-masing. Ini sebagai upaya antisipasi deteksi dan cegah dini, agar masyarakat merasa aman dan nyaman tanpa ada keluh kesah,” terang Mayor Inf Agustinus Samosir.

Pemantauan stabilitas harga Sembako dan kebutuhan pangan lainnya, sebut Danramil 06/Kota itu, juga sangat penting. Tidak hanya soal keamanan, peran Babinsa juga wajib untuk mengikuti perkembangan stabilitas harga bahan pokok di pasaran. Sehingga diketahui secara dini stok pangan dan harga yang melonjak yang membuat masyarakat resah.

“Monitoring atau pengecekan yang dilakukan Babinsa ini, sebagai bentuk dan peran setiap personel TNI-AD dalam mengayomi masyarakat. Sehingga jika timbul hal yang membuat keresahan, Kita bisa berkoordinasi dengan pihak terkait untuk solusi cepat dan berdampak positif,” ujar Orang nomor satu di Koramil 06/Kota itu mengakhiri. (Ry/Jerry)



from Sinar Lintas News https://ift.tt/yd07xrl

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama