Cegah Banjir, Babinsa Koramil 06/Kota Bersama Warga Bersihkan Saluran Air Parit

SIBOLGA, Sinarlintasnews.com – Babinsa Koramil 06/Kota, Serda Hilman Purba dan warga binaannya, bergotong royong membersihkan saluran air parit di kawasan binaannya. Bertempat di Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya banjir dan memberantas sarang nyamuk. Apalagi saat ini, merupakan musim penghujan.

“Pembersihan saluran air parit ini guna mengantisipasi terjadinya banjir. Pasalnya, tanah longsoran yang telah menimbun saluran air, sehingga saluran air tersumbat,” ucap Serda Hilman Purba disela-sela gotong royong, Selasa (26/12/2023).

Selain itu, kata Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT tersebut, material sampah menumpuk dan memperparah kondisi tersumbatnya saluran air parit. Kondisi ini jika dilakukan pembiaran, akan mengakibatkan banjir saat hujan deras. Genangan air akan menjadi sarang nyamuk berkembang biak.

Terpisah, Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor,S.I.P., M.I.P melalui Danramil 06/Kota, Mayor Inf Agustinus Samosir mengatakan, kegiatan karya bhakti tersebut merupakan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Karya bhakti ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit yang diakibatkan tumpatnya saluran parit,” terang Mayor Inf Agustinus Samosir.

Dalam upaya mengasah kepedulian terhadap lingkungan, Danramil 06/Kota itu mengimbau dan mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan parit dan lingkungan. Salah satunya, bersama menjaga saluran air parit agar tidak tersumbat. Juga tidak membuang sampah atau limbah ke dalam parit yang dapat mengotori atau mencemari lingkungan.

“Melalui giat kebersamaan ini kita berharap akan selalu tercipta lingkungan yg bersih, asri dan sehat, serta bebas banjir,” pungkas Orang nomor satu di Koramil 06/Kota itu. (Ry/Jerry)



from Sinar Lintas News https://ift.tt/0UzfjBT

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama