Pj Bupati Tapteng Serahkan 15 Jenis Aksesoris dan Alat Kebersihan

Tapanuli Tengah | Sinarlintasnews.com – Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta SH, MH menyerahkan sebanyak 15 jenis bantuan Aksesoris dan Alat kebersihan kepada 258 petugas Kebersihan di Lingkungan Pemkab Tapteng.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Pj bupati Tapanuli Tengah, Sugeng Riyanta didampingi kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Erniwati Batubara di Gedung Serba Guna Pandan pada Senin (16/1/24).

Dalam arahannya, Pj Bupati menyampikan terima kasih kepada kepala DLH dan juga kepada seluruh Tenaga Harian Lepas (THL) dan Honorer Dinas Kebersihan yang telah bekerja keras menjaga kebersihan lingkungan dan juga jalan raya.

“Pagi-pagi saya lewat jalan semua sudah bersih, tentu ini dari hasil kerja bapak/Ibu,” ujarnya.

Selain itu, Wakajati Babel ini juga menyebutkan, Honor THL akan diusahakan untuk menaikkan yang nantinya akan ditampung dalam APBD dan meminta kepala DLH untuk memberikan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh THL.

Menurutnya para para penyapu jalan merupakan pahlawan kebersihan ahli shodaqoh jariyah dan meriwayatkan dalam sebuah hadis, petugas kebersihan yang setiap harinya membersihkan jalan, menyingkirkan kotoran, Pecahan kaca, botol duri dan lainnya dengan maksud agar tidak menyakiti dan mengganggu orang lain.

“Pekerjaan bapak/ibu merupakan ladang ibadah, karena pagi-pagi Bapak/ibu sudah menyapu jalan. dalam sebuah hadis, kegiatan pekerjaan bapak/ibu menjadi shodaqoh amal jariyah, itu ketika lewat di jalan dan melihat ada ranting kecil yang ada di tengah, kemudian Bapak/ibu singkirkan dengan maksud agar tidak menyakiti atau mengganggu orang lain, itu pahalanya sedekah shodaqoh. Coba, bapak/ibu setiap hari menyingkirkan kotoran, pecahan botol, pecahan kaca, duri dan lainnya. kalau Bapak Ibu tidak menyingkirkan itu bisa-bisa ada orang yang dirugikan terganggu bisa-bisa mencelakakan orang lain di situlah bapak/ibu menjadi ladang ibadah,” jelas Pj Bupati Sugeng Riyanta.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup, Erniwati Batubara menjelaskan, dari sebanyak 258 petugas kebersihan tersebut terdiri dari 174 THL penyapu jalan, 30 orang pengangkut, 12 orang supir, 11 orang honorer, dan 10 oramf pengawas lapangan.

“Untuk besaran honor Sopir truk sebesar Rp.1.750.000, pengangkut Rp 1.600.000 dan THL RP 1.500.000. Untuk BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan itu sudah semua mendapat dan bagi yang belum dapat akan segera dilakukan kepengurusan sebagaimana instruksi yang disampikan Pj Bupati,” jelas Erni.

Seperti diketahui, adapun 15 jenis Aksesoris dan Alat kebersihan yang dibagikan tersebut bersumber dari Dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sumut tahun anggaran 2023 yakni, 200 Pasang sepatu Boots, 200 pasang mantel hujan petugas kebersihan, 9 set terpal truk, 9 unit jaring pengaman truk pengangkut sampah, 100 set sekop, 100 set cangkul, 200 buah helm,100 buah camgkul garpu, 26 buah keranjang rotan, 320 buah masker kain mikro fiber, 200 pak kantongan plastik sampah ukuran 80X100 Cm, 150 buah tajak rumput, 20 buah Gerobak Sorong, 150 buha sekop plastik, dan 150 pasang sarung tahan safety. (Jerry).

 



from Sinar Lintas News https://ift.tt/U6ktMxu

Comments

Popular posts from this blog

Polres Tapteng Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bawaslu Tapteng Gelar Rapat Kerja Tentang Inventarisasi Alat Peraga Sosialisasi

Semarakkan Penghujung Ramadhan, DPD KNPI Tapteng Bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa Bersama